Thursday, August 2, 2018

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Pepe Kilat Bening

Memang tidak semua penganan dapat menggunakan tepung sagu, namun Anda dapat mencoba resep kami satu ini, Kue Lapis Sagu.

Kue lapis sagu atau yang sering disebut Pepe ini adalah makanan tradisional Indonesia Timur yang divariasikan menjadi penganan lezat. Lapis Pepe dapat dengan mudah ditemui di pasaran namun Anda dapat mencoba membuat sendiri di rumah dengan resep yang kami sajikan di bawah ini.

Resep Kue Lapis Sagu

Bahan-bahan
250 g tepung sagu
800 ml santan dari 2 butir kelapa
250 g gula pasir
300 g tepung beras
½ sdt vanili bubuk
½ sdt garam
Minyak goreng secukupnya untuk olesan
Pewarna makanan warna merah dan hijau secukupnya

 Cara membuat

Cairkan 50 g tepung sagu dengan 50 ml santan
Didihkan 200 ml santan, tuang ke dalam campuran tepung sagu sambil diaduk rata
Tambahkan gula pasir, aduk rata. Angkat, dinginkan.
Campur sisa tepung sagu, tepung beras, vanilli, dan garam. Aduk rata, tuang ke dalam adonan sagu yang sudah dingin sambil diuleni.
Masukkan sisa santan sedikit demi sedikit sambil diuleni terus hingga adonan menjadi licin
Bagi adonan menjadi 3 bagian, ⅓ adonan diberi pewarna merah, ⅓ bagian diberi pewarna hijau, dan ⅓ bagian dterakhir dibiarkan tanpa pewarna.
Siapkan loyang ukuran 20x20 cm, olesi minyak goreng dan beri alas plastik.
Tuang 2 sendok sayur adonan merah, kukus selama 5 menit, tambahkan 2 sendok makan adonan hijau, kukus lagi selama 5 menit.
Lapisi dengan adonan putih, kukus selama 5 menit. Lakukan sampai adonan berlapis dan adonan habis. Terakhir kukus selama 30-45 menit hingga matang. Angkat setelah dingin, potong sesuai selera.
Sajikan.

Pilih tepung sagu berkualitas tinggi yang banyak dijual di pasaran, dan pewarna makanan bersertifikasi (Food Grade) agar tidak berbahaya bagi tubuh. Untuk membuat kue lapis membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang cukup tinggi, terus berlatih agar Anda dapat terus berkreasi dengan kue lapis jenis ini. Selamat mencoba di rumah!

No comments:

Post a Comment